Rivers Cuomo Ada di Kamarku

“Aku akan berhenti membeli mainan-mainan tidak penting”

– Diriku pada diriku sendiri

Awal tahun 2020 saya membereskan beberapa mainan yang memenuhi lemari, laci, kardus-kardus, bahkan kolong tempat tidur. Sebagian yang masih bagus saya hibahkan, sebagian yang masih bernilai saya jual lagi. Saya ingin fokus pada satu karakter saja kali ini, yaitu karakter Doctor Strange dari komik Marvel. Namun niat itu pupus ketika Funko mengumumkan seri terbaru dari Funko POP! Vinyl Figure-nya pada Januari 2020.

Funko POP! Rocks Weezer 174 Rivers Cuomo

Perusahaan mainan asal Amerika itu mengumumkan beberapa edisi terbaru koleksinya pada acara London Toy Fair 2020, salah satunya yaitu vokalis band kesayangan saya, Rivers Cuomo. Funko POP! Rivers Cuomo tampil dengan kacamata berbingkai hitam yang menjadi ciri khasnya. Sebagai salah satu kolektor Funko POP! , tentu saya langsung memburu figur Rivers Cuomo. Untungnya, salah satu toko mainan langganan saya membuka pre-order untuk figur ini. Tanpa berpikir dua kali, langsung saya pesan. Namun kondisi pandemi COVID-19 yang melanda dunia membuat harapan saya pupus, karena penjual langganan saya membatalkan pemesanan akibat kondisi pengiriman barang keluar-masuk Indonesia sedang agak sulit saat itu. Singkat cerita, beberapa hari setelah hari ulang tahun saya di bulan Mei, seorang teman memberikannya sebagai hadiah. Saya yang saat itu sudah tak terlalu berharap mendapatkan figur ini, jadi mendadak sumringah.

Mau dikeluarin dari kotaknya aja sayang

Referensi Figur

Penampilan Rivers Cuomo yang menjadi referensi

Menurut penelusuran yang saya lakukan, Funko POP! Rivers Cuomo mengacu pada penampilan Rivers bersama Weezer di Lakewood Amphitheater pada 2018. Rivers beberapa kali tampil dengan sweater kuning, dasi dan gitar teal penuh sticker ini saat memainkan lagu Buddy Holly sambil membuat ulang video klip lagu tersebut di atas panggung.

Detail Figur

Kacamata yang menjadi ciri khas

Salah satu kelebihan yang dimiliki Funko POP! adalah detail pada penampilan figur-figurnya. Mainan ini bukanlah figur dengan artikulasi yang banyak (hanya bagian kepalanya saya yang dapat digerakkan) dan memiliki desain versi chibi dari karakter aslinya, tapi figur ini menampilkan detail yang mengagumkan pada tampilan tubuh, baju, bahkan aksesoris yang dipakai karakternya. Pada figur Rivers Cuomo, kamu bisa melihat detail baju hingga sepatunya sangat persis dengan aslinya. Tak ketinggalan gitar Fender Stratocaster berwarna teal yang dipenuhi sticker, lengkap dengan dengan tali bergambar petir yang sering dikenakannya di panggung. Bahkan, jari manis tangan kiri figur ini pun dilengkapi dengan cicin kawin, persis dengan aslinya.

Detail pada gitar hingga cincin kawin

Itulah hal yang saya suka dari Funko POP! Rivers Cuomo ini. Sosok mininya kini nangkring dengan ganteng di salah satu rak mainan saya. Bagi penggemar Weezer seperti saya, munculnya figur Rivers Cuomo memberikan secercah harapan akan kemunculan personil Weezer lainnya dalam bentuk figur. Lagi pula ini bukan pertama kalinya Funko merilis figur edisi musisi. Ada Travis Barker dan Mark Hoppus dari Blink 182, Brandon Urie dari Panic! At The Disco, Gerard Way dari My Chemical Romance, dan masih banyak lagi figur-figur musisi yang ditampilkan dalam bentuk chibi.

Siap menggetarkan panggung-panggungan

Kira-kira, musisi mana lagi yang layak dibikin figur Funko POP! nya?

*Intip video yang saya buat dengan Funko POP! Rivers Cuomo di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: