Apakah Guns N’ Roses Terlalu Tua untuk Konser Selama 3 Jam?

Axl Roses mungkin sudah menginjak usia 56 tahun, dan setiap kali ia mengeluarkan lengkingan di sela-sela lagu, saya ikut khawatir. Tapi malam itu (8/11), di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Guns N’ Roses masih menunjukkan stamina luar biasa di atas panggung.

Apakah Guns n Roses Terlalu Tua untuk Konser Selama 3 Jam?

SUGBK dipadati pecinta musik rock berpakaian dominan hitam sejak sore. Beberapa nyinyiran netijen yang enggak riset dulu mengiringi konser ini, karena mereka takut rumput GBK rusak, padahal kan udah diantisipasi. Sedikit gerimis turun membuat saya agak risau, ditambah jalanan Jakarta yang memang enggak pernah enggak macet, tapi sampai Guns N’ Roses memainkan lagu pertamanya, hujan hanya turun berupa titik-titik kecil saja. Pawangnya canggih!

Apakah Guns n Roses Terlalu Tua untuk Konser Selama 3 Jam?
sumber: antarafoto.com

Guns N’ Roses membuka dengan lagu It’s So Easy, suara penonton bergemuruh menyambut mereka, didominasi oleh generasi bapak-bapak yang sudah lama menjadi pengagum berat mereka. Beberapa mengajak istri dan anaknya, dengan sumringah mengulang masa-masa muda menjadi fanboy, mendengarkan band kesayangannya dari kaset atau radio.

Selanjutnya, seperti tidak memberi jeda, Axl Rose tidak banyak bicara. Sesekali ia menyapa penonton di Jakarta, sesekai ia memperkenalkan rekan-rekan bandnya. Slash pun terus memukau dengan aksi solo gitarnya, pada malam itu ia membuktikan bahwa hubungan buruknya dengan Axl Rose hanyalah masa lalu. Selama kurang lebih 3 jam, lagu-lagu hits mereka sontak mengundang karaoke massa, seperti Welcome to The Jungle, Rocket Queen, November Rain, Knocking on Heaven’s Door, Night Train, dan lain-lain. Enggak tanggung-tanggung, mereka membawakan 25 lagu, termasuk 4 lagu yang dijadikan encore yaitu Patience, Dont Cry, Seeker, dan Paradise City.

Apakah Guns n Roses Terlalu Tua untuk Konser Selama 3 Jam?
ikrib kok – sumber: antara foto

Bayangkan, saya yang masih muda belia ini sudah merasa encok, meski memang awalnya terbawa euforia. Tapi Guns N’ Roses seperti tidak kehabisan energi, nyaris tanpa jeda yang panjang mereka terus bernyanyi. Jadi, kita doakan saja semoga Axl Rose dkk sehat selalu, dan bisa terus menghibur kita semua.

 

*Ini adalah tulisan lama saya untuk KASKUS, dimuat pada 9 November 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: